Sosialisasi Siskeudes Link & CMSP Desa Bank Kalsel, se-Kabupaten Balangan Diharapkan Perangkat Desa Lebih Optimal Kelola Keuangan

  • Aug 05, 2024
  • Muhammad Ramli
  • Pemdes

KIM Desa Balida  - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPPAKBPMD) H. Akhmad Nasa'i, membuka kegiatan Sosialisasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Link & Cash Management System Pemda (CMSP) Desa Bank Kalsel. Acara yang dihadiri oleh Pemerintah Desa dari empat Kecamatan di Kabupaten Balangan berlangsung di Hotel Aria Barito. Minggu (4/8/2024)

Dalam sambutannya, H. Akhmad Nasa'i, menekankan pentingnya pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel dalam pembangunan di tingkat desa. Menurutnya, tidak hanya infrastruktur yang perlu ditingkatkan, tetapi juga efektivitas pemerintahan desa dalam mengelola keuangan.

"Sosialisasi ini sangat penting bagi kepala desa dan jajarannya sebagai langkah strategis untuk meningkatkan pemahaman dalam pembangunan daerah dan khususnya pembangunan desa. Kami berharap agar pengelolaan keuangan yang baik dapat mendukung pembangunan infrastruktur seperti jalan yang menghubungkan antar desa di Balangan," ujarnya.

Desa Balida adalah salah satu desa yang ikut dalam acara sosialisasi tersebut, adapun yang ditugaskan oleh kepala desa yakni Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Kaur Keuangan. Kedepannya Pemerintah Desa Balida juga akan menerapkan belanja non tunai di setiap kegiatanya di desa.

Acara Sosialisasi ini diharapkan mampu menciptakan ekosistem pemerintahan desa yang lebih mandiri dan berdaya saing, sehingga masyarakat setempat dapat lebih merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan.