Pergelaran Pasar Budaya Racah Mampulang Kedatangan Tamu Mancanegara

  • Sep 13, 2024
  • Muhammad Ramli
  • Wisata

Desa Balida - Pasar Budaya Racah Mampulang yang digelar setiap satu bulan sekali di Desa Balida, kali ini kedatangan tamu dari Luar Negeri yakni dari Thailan beserta para petinggi Pimpinan PT. Adaro Energy dan Yayasan Adaro Bangun Negari, Selasa, 10 September 2024.

Pasar Budaya Racah Mampulang digelar setiap satu bulan sekali di Desa Balida. Kali ini pergelaran pasar budaya dilaksanakan pada hari selasa yang biasanya dilaksanakan di hari minggu. Ini dikarenakan pada hari tersebut sekaligus ada kedatangan tamu luar negeri yang di bawa oleh Perusahaan Adaro dan YABN.

Kemeriahan Pasar Budaya Racah Mampulang pada hari itu dengan menampilkan berbagai keseniann tradisi seperti musik panting, kuntau, madihin, dan tari japin. Sedangkan untuk tari penyamputan tamu yakni tari radap rahayu yang dibawakan dari Sanggar Seni Balida Satria.

Pasar Budaya Racah Mampulang kemaren membuka ada sebelas warung atau los untuk jajanan kuliner tradisional dengan transaksi belanja memakai koin racah. Racah adalah koin yang terbuat dari kayu yang digunakan untuk transaksi berbelanja di racah mampulang.