Kader Desa Balida Mengikuti Bimbingan Teknis Kader Pangan B2SA

  • Jul 18, 2024
  • Muhammad Ramli
  • PKK Desa

KIM Desa Balida – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Balangan fasilitasi penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek) kader pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) se kabupaten, Kamis (18/07/2024) di Aston Tanjung City Hotel Kabupaten Tabalong..

Bimtek ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) dan juga dilakukan di wilayah kabupaten kota lainnya, yang diikuti oleh 25 orang kader pangan dari perwakilan Posyandu di 25 Desa wilayah 8 kecamatan di Kabupaten Balangan..

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Mengapresiasi khusus terhadap para ibu kader pangan B2SA yang telah menyempatkan diri untuk hadir mengikuti kegiatan, karena akan memiliki berbagai manfaat bagi keluarga dan masyarakat.

Guna mendukung ketahanan pangan, diharapkan kepada para kader untuk meningkatkan pemanfaatan pekarangan guna membantu perekonomian keluarga, baik ditanam secara langsung, lewat pot atau dengan media polybag. Kreatifitas dalam memanfaatkan pekarangan akan sangat membantu sumber penyediaan gizi keluarga.

Pola konsumsi pangan juga menjadi faktor keberhasilan penyiapan sumberdaya manusia. Dengan kondisi kasus stunting di Kalsel yang termasuk tinggi di Indonesia, maka asupan pangan B2SA menjadi sangat penting, terutama untuk diterapkan pada 1.000 hari pertama kelahiran.

Ini menjadi tugas bersama pemerintah dan masyarakat, khususnya para kader pangan untuk menjadi corong dan membantu sebagai perpanjangan pemerintah dalam mensosialikan pentingnya pangan dan gizi keluarga.

Pada Bimtek ini, kader akan dibimbing oleh narasumber yang disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kalsel untuk mengolah menu B2SA dengan menggunakan potensi lokal dari hasil pertanian hortikoltura dan tanaman sayur lainnya. Setelahnya peserta juga akan mendapatkan sertifikat.