Forum Anak Desa (FAD) Desa Balida Membiasakan Kegiatan Positif Berupa Senam Sehat

  • Jul 13, 2024
  • Muhammad Ramli
  • Seni BUdaya

KIM RM -  Sore itu, Sabtu 13 Juli 2023 cuaca nampak cerah. di Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan. Anak-anak dan remaja setempat nampak bergegas mendatangi Lapangan Olahraga Desa Balida.

Sekitar 45 orang anak-anak dan remaja Desa Balida tersebut merupakan anggota Forum Anak Desa. Sudah menjadi agenda rutin mereka setiap hari Sabtu sore pukul 16.00 wita kumpul-kumpul positif di gedung sanggar seni dan dilapangan olahraga tersebut.

Banyak kegiatan mereka lakukan setiap kali berkumpul. Diawali Senam Kewer-kewer anggota forum anak tersebut berjoget ala mereka untuk seru-seruan.

Setelah itu, mereka melakukan sesi senam sehat. Setelah itu juga melakukan berbagai kegiatan positif mengasah keterampilan dan ketangkasan.

Pembina Forum Anak Desa, Siti Misbah yang berperan menjadi instruktur dalam kegiatan tersebut mengakatan kegiatan yang dilaksanakan tidak melulu di dalam ruangan. “Biasanya anak-anak dikumpulkan di luar ruangan. Di lapangan, kebun, hingga tempat kerja yang menggambarkan profesi orang tua meraka,” katanya.

Kegiatan lapangan tersebut bertujuan mengetuk hati anggota forum anak agar menuntut ilmu sungguh-sungguh. Sehingga tidak mengecewakan kedua orang tua mereka yang bekerja keras mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk hidup termasuk biaya pendidikan.

Gilirannya ia berharap anak-anaknya tersebut senantiasa mengisi hari dengan kegiatan positif tanpa ada waktu dan niat melakukan hal-hal negatif yang dapat membuat kecewa orang tua.

Sejak terbentuk 23 Oktober 2018, dan dilakukan pembaharuan 2023, forum anak tersebut diakuinya sudah banyak membawa hal positif bagi kehidupan masyarakat setempat. Ini dibuktikan Desa Balida dicanangkan sebagai desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Balangan.

Sebelumnya Desa Balida pada tahun 2019 sudah menjalankan Desa Peduli Anak dan mendapat penghargaan PATBM terbaik dua Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dalam menjalankan Desa Layak Anak. Adapun kebanyakan kegiatan FAD Desa Balida yaitu bidang kesenian, dikarenakan Desa Balida memiliki tujuh kesenian yang masih aktif yang sering di pentaskan pada pergelaran Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang.