Anak anak TK dan PAUD Desa Balida Tidak Takut Diimunisasi Polio

  • Jul 23, 2024
  • Muhammad Ramli
  • PKK Desa

KIM Desa Balida : Sebanyak 33 Peserta Didik TK Ihktiar dan PAUD Kasih Ibu Desa Balida Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan mengikuti imunisasi PIN Polio putaran pertama yang diselenggarakan oleh Puskesmas Paringin, Selasa (23/7/2024).

Para peserta didik yang terdaftar untuk mendapatkan imunisasi adalah semua peserta didik baik TK maupun PAUD/KB yang berusia 0-7 tahun. Mereka diberi arahan tentang imunisasi Pin Polio oleh tenaga pendidik masing – masing.

Selesai mengikuti arahan dari tenaga pendidik, peserta didik berbaris rapi berjalan menuju ruang kelas sekolah.

Selanjutnya peserta didik masuk ke dalam ruang kelas, menunggu antrian dari petugas puskesmas sembari sesekali bercanda dengan temannya.

Satu persatu Anak TK diantar menuju petugas puskesmas untuk mendapatkan tetes sub pin polio.

Anak-anak peserta didik TK Ihktiar dan PAUD/KB Kasih Ibu Desa Balida nampak gembira dan antusias mengikuti acara Imunisasi PIN Polio tersebut.

“Ulun senang dengan imunisasi polio ini soalnya kada disuntik, ulun mau ae lagi, kan rasanya manis seperti buah jeruk ”, ucap Samara anak TK Ikhtiar setelah mendapatkan tetes pin polio.

Tenaga kesehatan dari Puskesmas Paringin mengatakan, Imunisasi Pin Polio ini bertujuan untuk mencegah penyakit polio yang akhir-akhir ini marak di Indonesia dan sebagai Ikhtiar untuk menjaga kesehatan anak-anak serta mengikuti program pemerintah dari Dinas Kesehatan yang serentak di Indonesia.

Untuk sasaran Imunisasi PIN Polio diwilayah kerja Puskesmas Paringin menyasar seluruh siswa PAUD/KB, TK dan SD dengan usia 0-7 serta usia 8 kurang 1 hari. 

Sedangkan kegiatan Imunisasi Pin Polio sendiri berjalan dengan lancar dan tertib. Para anak-anak TK/PAUD yang telah mendapatkan imunisasi tidak diperbolehkan makan dan minum selama 15 menit. 

Sementara itu Tenaga Pengajar TK/PAUD Desa Balida Malia menyatakan, sangat mendukung program pemerintah terutama PIN Polio yang saat sedang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan maupun Puskesmas Paringin. 

Diharapkan dengan adanya PIN Polio, akan bisa menambah imun pada tubuh peserta didiknya semakin kuat dan terhindar dari sakit," pungkasnya.