Tampil di Festival Mesewah Pare Gumboh, Sanggar Seni Balida Satria Pukau Masyarakat Liyu

  • Jul 21, 2024
  • Muhammad Ramli
  • Seni BUdaya

KIM Desa Balida - Sanggar Seni Balida Satria kembali mendapat amanah untuk menampilkan tari igal topeng di acara Mesewah Pare Gumboh Desa Liyu Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. (Sabtu, 20/7/2024).

Pada acara tersebut santri Sanggar Seni Balida Satria menampilkan satu tari budaya yaitu Tari Igal Topeng di hadapan para penonton Mesewah Pare Gumboh. Pada penampilan tari tersebut para penonton nampak menikmati suguhan tarian para sanggar seni balida satria, bahkan tak sedikit yang mengabadikannya di ponsel kecil mereka masing masing.

Tari Igal Topeng adalah tarian yang menggunakan pada saat menari dengan gerakan tangan dan tubuh yang gemulai serta iringan musik yang didominasi oleg gamelan yang merupakan ciri khas dari musik tradisi banjar dengan seiring waktu dan perkembangan zaman tari topeng ini jarang dipersembahkan karena pada zaman kerajaan dulu, tari topeng merupakan salah satu tari yang di persembahkan untuk menghibur para tamu kerajaan. Dalam tari igal topeng terdapat ragam gerak yang bermakna kegembiraan. Tari topeng di bawakan oleh putri-putri kerajaan pada zaman dahulu.

Pendidikan seni mempunyai kontribusi terhadap pengembangan individu antara lain membantu pengembangan mental, emosional, kreatifitas, estetika, sosial, dan fisik. 

Menurut Siti Rahmah atau disapa akrap Ibu Imut, selaku pembina Sanggar Seni Balida Satria bahwa kegiatan seperti ini sangat baik dan akan memberikan ilmu dan pengalaman kepada para penari kami di sanggar untuk membentuk karakter dan pribadinya.

“Pretasi tidak hanya bisa diwujudkan dalam bidang akademik saja, melalui bidang non akademik salah satunya seni tari juga bisa memberikan kontribusi yang positif” jelasnya.