Petani Budidaya Madu Kelulut Desa Balida Mengikuti Pelatihan Manajemen Pemasaran Bagi UMKM

  • Jul 16, 2024
  • Muhammad Ramli
  • UMKM

KIM Desa Balida - Akhmad Rahman salah satu petani di Desa Balida yang merupakan UMKM Budidaya madu kelulut, telah mengikuti Pelatihan Manajemen Pemasaran bagi UMKM se-Kalimantan Selatan, Selasa (16/07/2024)

Balai Pelatihan Koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menggelar pelatihan di Balai Pelatihan Koperasi Kalsel. Pelatihan tersebut yakni, pelatihan manajemen pemasaran bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

“Kami berharap 60 peserta dari 13 kabupaten kota ini bisa membawa UMKM kita untuk lebih giat lagi,” harap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai, saat sambutan pembukaan.

Melalui pelatihan ini, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Koperasi dan UKM berupaya agar pelaku UMKM bisa membuat inovasi untuk pemasaran kemudian juga masalah kewirausahaan sesuai arahan Presiden RI.

“Kita ketahui bahwa Pemerintah Pusat, terutama Presiden menginginkan UMKM ini sudah menerapkan digitalisasi sehingga produknya dapat dipasarkan di layanan pasar digital termasuk pemasarannya melalui berbagai media sosial,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Ia juga mengajak kepada peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan layanan pemasaran digital yang telah dikembangkan oleh pemerintah.

“Kemudian ada layanan yang dibuat oleh pemerintah sehingga nantinya dapat mengikuti lelang belanja langsung di APBD, sepertinya di provinsi ada Aplikasi Belanja Langsung Kalimantan Selatan (Si Bekantan), serta beberapa di kabupaten kota di Kalsel,” tuturnya.

Sementara itu, Akhmad Rahman sebagai salah satu perwakilan Kabupaten Balangan, sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Dikatakan Rahman bahwa pelatihan manajemen pamasaran ini merupakan hal baru baginya, karena selama ini jangkauan pemasaran madu kelulut sebelumnya tidak terlalu luas.