KIM Racah Mampulang Desa Balida, Mendapat Penghargaan Terinovatif Tingkat Nasional

  • Aug 10, 2024
  • Muhammad Ramli
  • Seni BUdaya

Desa Balida - Kalimantan Selatan mengirimkan satu Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) terbaiknya, yakni KIM Racah Mampulang Desa Balida Kabupaten Balangan dalam ajang Festival dan Kompetisi KIM Nasional 2024 di Makassar Sulawesi Selatan pada 9-11 Agustus 2024.

KIM Racah Mampulang Desa Balida tersebut merupakan KIM terbaik pertama di Provinsi Kalimantan Selatan yang sebelumnya mengikuti seleksi di tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Kalsel.

Di tingkat nasional, KIM perwakilan Kalsel juga telah tampil mempresentasikan profil dan inovasi di ajang festival yang dilaksanakan di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, Makassar, Jumat (9/8/2024).

Presentasi dilakukan di depan juri nasional, yakni Akademisi Komunikasi Universitas Indonesia, Irwansyah dan Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Rulli Nasrullah.

KIM Racah mampulang Kabupaten Balangan dipresentasikan oleh Sahridin. KIM ini berasal dari Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan. Inovasinya berupa Mengembangkan Wisata dan Melestarikan Budaya Berbasis Digital.

Untuk menentukan pemenang KIM terbaik nasional, Kategori Terinovatif panitia dari Kementerian Kominfo RI menentukan nilai "ADINDA" yang merupakan aktifitas pokok KIM yakni Akses Informasi, Diskusi, Inplementasi, Diseminasi, dan Aspiratif.

 

#Komunitas Informasi Masyarakat #festival KIM